Sabtu, Juli 18, 2009

JURUS TUNGGAL BAKU

Pada Kongres PERSILAT tahun 1998, Jurus Tunggal Baku ditetapkan menjadi salah satu kategori yang dipertandingkan. Jurus ini disusun oleh tim yang anggotanya terdiri dari pakar pencak silat dari empat negara pendiri PERSILAT, yaitu:

* IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia)

* PERSISI (Persekutuan Silat Singapura)

* PESAKA (Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia)

* PERSIB (Persekutuan Silat Kebangsaan Brunei Darussalam)
Sumber Info
Download Jurus Tunggal Baku (picture)

Seluruh gerak yang terdapat di dalam jurus ini diharapkan dapat mewakili gerak pencak silat yang sudah disepakati sebagai beladiri asli dari kawasan Asia Tenggara. Di samping itu dengan adanya rangkaian jurus standar internasional ini dapat pula digunakan sebagai sarana pemersatu seluruh insan pencak silat.

Peraturan Pertandingan Pencak Silat Antarabangsa yang telah ditetapkan dalam Rapat Teknik PERSILAT pada tanggal 26 September 1998 tersebut tidak boleh diubah oleh lembaga organisasi apapun kecuali oleh PERSILAT dan harus diikuti serta dilaksanakan oleh seluruh anggotanya, termasuk Indonesia sebagai salah satu Anggota Pendiri PERSILAT.

Namun, disebabkan Peraturan Pertandingan PERSILAT tersebut dirasakan masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu dijelaskan secara lebih rinci dalam teknis pelaksanaannya, maka pada MUNAS IPSI X yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 16 – 18 September 1999 disepakati perlunya diberikan penjelasan-penjelasan yang tidak mengubah secara prinsip peraturan pertandingan tersebut. Oleh sebab itu, maka Penjelasan Peraturan Pertandingan ini juga bersifat mengikat serta harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia dan semua jajarannya. Di bawah ini akan diuraikan peraturan tentang pertandingan pencak silat Antarabangsa kategori TUNGGAL yang diambil dari Penjelasan Peraturan Pertandingan hasil Munas.

2 Comments:

  1. AdeelaHimme said...
    Salam..Pak, apa maksudnya jurus tunggal baku itu??Perincian maksudnya yang jelas jalo bisa.. Terima kasih.
    GERAKAN PRAMUKA MAN PADANGAN said...
    Salam seduluran,... Mas faile kok susah di donloud ya. kalau ada minta di kirimin lewat email aja... abdsukur@gmail.com

Post a Comment



 

WongSHTerate

MENGENAI SAYA

Foto Saya
Nama lengkap Aziz Dwi Nur Alfan. Kuliah di Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika.Medernisasi Blog adalah kegiatanku untuk mengisi jam-jam kosong waktu kuliah. Selain itu aku juga senang main musik khususnya guitar&drum. Sampai saat ini aku masih menekuni Pencak Silat PSHT di Kampusku. .:Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Situs Ini:.
PSHT UM 2009 is proudly powered by wongsht | Template by wongsht.blogspot.com